Tuesday, 30 April 2013

TIPS MEMBINA KELUARGA SAKINAH

Kaum Muslimin yang berbahagia
Terlebih dahulu khatib ingin menyampaikan wasiat, marilah kita senantiasa meningkatkan ketakwaan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dan memantapkan ketaqwaan itu sebagai modal rohaniah dalam meraih kebahagiaan maupun dalam menghadapi berbagai problema kehidupan.

Khutbah Nikah Bhs Arab

Buku Khutbah Jum'at dan 'Ied

Mari Sholat Berjamaah

Yusuf Mansur - Kunfayakun Mp3

Sahabat Brilliant yang dirohmati Allah. Untuk menambah keilmuan kita tentang Islam, silahkan anda dengarkan Ceramah Agama Islam penuh Inspirasi dari Ust.Yusuf Mansur, semoga bermanfaat bagi anda ! 
1. Kunfayakun side a :
2. Kunfayakun side b :


Perdalam kajian ke Islaman dengan selalu mendengarkan Ceramah Agama Islam dari para Ustad kondang Indonesia.

Harus Berpatisipasi Dalam Dakwah



Jamaah Jum’at yang berbahagia.
pada jum’at yang berbahagia ini, mari kita memanjatkan puji serta syukur pada Allah yang sudah memberikan kemampuan pada kita berbentuk kesehatan, untuk mencukupi panggilannya, yakni menunaikan ibadah shalat jum’at. shalawat serta salam kita berikanlah pada nabi besar muhammad shallallaahu alaihi wa salam yang sudah menuntun umat manusia dari jahiliyah, yang penuh kegelapan menuju islam yang terang benderang, serta juga pada beberapa sahabatnya dan beberapa generasi setelah itu yang memperjuangkan islam sampai akhir zaman kelak.

Bersih dalam beribadah



Jamaah Jum`at rahimakumullah, semoga Allah senantiasa merahmati kita sekalian.
 

Dari seluruh kesenangan yang dianugerahkan Allah pada kita itu, ada kemudian kesenangan yang sangat agung, yakni hidayah iman serta islam, karena tanpa keduanya, seluruh rizki serta kesenangan selanjutnya hanya bencana. iman serta islam itu menuntut umat manusia untuk selalu bersih, melindungi kebersihan apalagi mendidik ikhlas serta thaharah, dan ihsan. ikhlas bermakna melindungi kemurnian, kebersihan iman. yakni kemauan serta ibadah dan muamalah selalu sesuai dengan syari’at allah serta cuma dikarenakan Allah. 

Orang Muslim wajib Sholat



Kaum Muslimin Rahimakumullah.
Pada saat yang amat berbahagia ini, saya mengajak kaum muslimin, terutama diri saya pribadi untuk menambah ketaqwaan kita pada Allah subhannahu wa taala, yakni memperbanyak amal ibadah kita sebagai bekal untuk menghadap illahi rabbul jalil. dan melaksanakan semua perintah serta meninggalkan semua larangannyaSeperti firman Allah:
Artinya: “Dan berbekallah kalian, karena sebaik-baik bekal adalah taqwa, dan bertaqwalah kepadaKu wahai orang-orang yang menggunakan akalnya.”

Friday, 26 April 2013

Contoh Teks Khutbah



Hai Sahabat Brilliant, kali ini saya akan berikan beberapa contoh teks khutbah, sebagai bahan perbandingan anda yang sedang mencari materi khutbah jum’at. Ada beberapa judul khubah Jum’at yang akan saya share kepada anda, diantaranya adalah :

Inilah Jerat-Jerat Maut Sang Penyesat



Hadirin jama’ah yang berbahagia
Syukur pada Allah yaitu perihal yang perlu kita kerjakan, dikarenakan cuma dengan syukur, Allah dapat menambah enaknya. Demikianlah juga syahadat persaksian kita pada Allah serta rasulnya yaitu perkara yang perlu senantiasa kita cermat supaya makin mendekati pada persaksian yang kita ucapkan.

Adapun sesudah itu jama’ah yang mulia, dari area ini saya serukan pada diri saya serta jama’ah sekalian untuk senantiasa memelihara serta menambah taqwallah, dikarenakan takwa yaitu benteng dari semua murka serta adzab Allah.

Jangan Jahil Terhadap Agama




Saudara-saudara sidang Jum’at rahimakumullah


Dienul Islam, sebelum saat memfardhukan syiar-syi’arnya lebih dulu melakukan perbaikan sisi didalam ( fikrah/hati ) pemeluknya. Dienul Islam sebelum saat melakukan perbaikan segi luarnya ( lahiriyah ), lebih dulu mencermati akarnya. Rukun Islam serta syiar-syiarnya yang dhohir yaitu tiang Islam layaknya shalat yang difardhukan saat malam Isra, 12 th. Sesudah bi’tsah ( periode kenabian ), puasa sesudah 15 th., zakat setelah 15 th. serta haji setelah 23 th. dari bi’tsah. 

Kunci Rizki dan keberkahan adalah Istighfar dan Taubat

Ma'asyirol Muslimin rahimakumullah ...
Pada kesempatan  saat ini tidak lupa saya wasiatkan pada diri saya pribadi serta jama’ah seluruhnya, marilah kita tingkatkan kualitas iman serta taqwa kita, dikarenakan iman serta taqwa yaitu sebaik-baik bekal untuk menuju kehidupan di akhirat kelak.
 
Jamaah jum’at yang berbahagia...

diantara perihal yang menyibukkan hati kaum muslimin yaitu mencari rizki. serta menurut pengamatan, beberapa besar kaum muslimin memandang bahwa berdasar dengan Iislam dapat kurangi rizki mereka. Lantas bukan sekedar hanya itu, apalagi lebih kronis serta menyedihkan bahwa ada sebanyak orang yang tetap akan melindungi beberapa keharusan syari’at Islam namun mengira bahwa bila pingin mendapatkan kemudahan di bidang materi serta kemapanan ekonomi sebaiknya menutup mata dari hukum-hukum Islam, terlebih yang sehubungan dengan hukum halal serta haram. 

Dengan Islam akan tercapai Kenikmatan yang Agung Dan Sempurna

Ma’ asyirol Muslimin Rahimakumullah

Semua puji cuma untuk Allah rabbul ‘alamin. Tiada dzat yang pantas disembah, diibadahi, dipuji serta ditaati, dialah al-khaliq yang sudah turunkan Islam sebagai aturan yang adil, agung lagi mulia yang disebut rahmat serta nikmat untuk seluruh alam. Shalawat serta salam semoga selalu dilimpahkan oleh allah pada penutup beberapa nabi dan Rasul Muhammad shallallaahu alaihi wa salam beserta keluarga, sahabat-sahabat, serta beberapa pengikutnya yang setia berjuang untuk menyebarkan risalah Islam keseluruh penjuru dunia.

Hadirin jama’ah jum’ah yang berbahagia

Islam adalah Agama Yang Paling Benar dan Sempurna



Saudara-saudara kaum Muslimin jamaah Jum’ah yang berbahagia.
Didalam khutbah jum’ah ini, kami akan berikan anjuran terlebih buat saya sendiri serta untuk jamaah seluruhnya.
untuk melakukan perbaikan kualitas ibadah kita, marilah kita senantiasa bertaqwa pada Allah saja, tidak pada selain-nya. Senantiasa bersyukur pada Allah setiap saat, di tiap-tiap area, serta di tiap-tiap situasi, atas semua kesenangan serta karuniaNya yang tidak bisa kita kalkulasi. juga senantiasa menggerakkan yang disyari’atkan Allah serta yang disampaikan oleh Rasulullah shallallaahu alaihi wa salam, dengan cara ; seluruh yang diperintah-kan kita lakukan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan kekuatan ; namun yang dilarang kita tinggalkan, tidak kita kerjakan, apalagi mendekatipun janganlah.

Ilmu adalah Simbol Kejayaan Umat



Terasa tidak ada habis-habisnya kita harus bersyukur pada Allah, dikarenakan dari limpahan rahmat serta karunianya, sampai saat ini kita terus bertahan menjaga keimanan kita sebagai tingkat nikmat yang sangat tinggi. Syahadatpun mesti senantiasa kita benahi, agar lebih mendekati arti yang hakiki. Sanjungan shalawat kita berikan pada Baginda Rasul, ujung tombak pembawa pelita kehidupan.
Selanjutnya… jamaah jum’at yang berbahagia.
Dari mimbar ini juga saya serukan pada diri saya pribadi, biasanya pada beberapa jamaah sekalian untuk senantiasa melindungi, menjaga serta terus berusaha menambah nilai-nilai taqwa, cuma dengan taqwalah kita selamat di hari pengadilanNya.

Sunday, 21 April 2013

Ceramah AA Gym

Sahabat Brilliant, buat anda yang kagum dengan ceramah AA Gym, bisa anda dapatkan di blog ini, ada beberapa judul yang kami berikan sebagai penambah wawasan keilmuan kita dalam mendalami Agama Islam, dan juga buat anda yang ingin mencari bahan Khutbah juga kami berikan di blog ini.

Ceramah AA Gym terbaru mp3


Adakah Hubungan Antara Dosa Dan Bencana ?

Ma’assyirol muslimin, rahimakumullah 
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah subhannahu wa taala yang sudah jadikan kita sebagai hamba-hambanya yang beriman, yang sudah menunjuki kita shiratal mustaqim, jalur yang lurus, yakni jalur yang sudah ditempuh orang-orang yang sudah diberi ni’mat oleh Allah, dari kelompok umur beberapa nabi, shiddiqin, syuhada’ serta shalihin. 
Saya bersaksi bahwa tidak ada ilah yang berhak untuk diibadahi kecuali Allah, dan bahwa Muhammad adalah hamba dan RasulNya, semoga shalawat dan salam selalu terlimpah kepada Nabi Muhammad, keluarganya, para sahabatnya dan orang-orang yang mengikuti petunjuk beliau dengan baik hingga hari kiamat.

Strategi di Balik Peritiwa Hijrah Nabi

Adegan yang amat tegang memecahkan genangan air mata Abu Bakar didalam gua Tsur, di luar kota Makkah. musuh-musuh yang pedangnya siap menebas Nabi Muhammad shalallaahu alaihi wasalamberdiri dihadapan Abu Bakar, cuma berbatas sinar. Abu Bakar mengikuti Nabi shalallaahu alaihi wasalam didalam gua, tengah musuh-musuh yang siap menerkam berdiri di mulut gua. Isak tangis lalu tidak dapat ditahan, keluar dari mulut Abu Bakar yang mencemaskan, Nabi Muhammad shalallaahu alaihi wasalam ditangkap musuh serta dibunuh. Nabi shalallaahu alaihi wasalam membisiki Abu Bakar ; “laa tahzan innallaha maanaa”, jangan sampai engkau bersedih hati, dikarenakan sebenarnya Allah beserta kita. 

Waspadai Penyebab Hancurnya Suatu Bangsa

Ma’asyiral muslimin rahimakumullah... 
Dari mimbar ini saya serukan pada diri saya pribadi, serta pada beberapa jama’ah sekalian untuk melindungi, menjaga serta terus berusaha menambah nilai-nilai taqwa pada Allah semoga kita selamat di hari pengadilannya. ma’asyiral muslimin rahimakumullah... 

Peristiwa-peristiwa nyata yang dicatat sejarah serta betul-betul dulu berlangsung yakni hancur lebur, musnah serta lenyapnya eksistensi bangsa zaman dahulu. walau sebenarnya mereka layaknya dikabar-kan didalam al-qur’an adalah bangsa-bangsa yang kuat, baik fisiknya ataupun ilmu dan pengetahuannya, layaknya umat nabi nuh alaihissalam, kaum ad nabi hud alaihissalam kaum tsamud nabi shalih alaihissalam, , kaum sodom nabi luth alaihissalam kaum nabi syuaib alaihissalam fir’aun dengan kaumnya nabi musa alaihissalam dan lain-lain. dikarenakan mereka menentang rasul mereka, bermaksiat pada allah serta rasulnya maka allah menghancurkan mereka. 

Saturday, 20 April 2013

Hati-hati Fitnah Syubhat Dan Syahwat



Hadirin sidang Shalat Jum’at yang dimuliakan Allah
Kalau kita cermati, sebagai seorang muslim yang menjalani kehidupan yang sementara di dunia ini, ada beberapa aral yang melintang dihadapan kita yang menjadi penghalang bagi kita untuk menapaki fitrah kita yang suci. Kalau kita tidak waspada, perintang-perintang ini akan menggerogoti dan mengikis habis iman kita atau paling tidak akan membuat iman kita menjadi labil, keruh dan tidak murni lagi akibat noda-noda dan racun yang ditebarkannya. Perintang-perintang ini sangat beragam dan banyak sekali, namun menurut Imam Ibnu Abi ‘Izz Al-Hanafi kesemuanya itu bermuara pada dua hal yaitu: “Syubhat dan Syahwat”. (Lihat Syarh Aqidah Thahawiyah, Ibnu Abi ‘Izz Al-Hanafi, hal: 339).

Hamba Allah Dan Ummat Nabi Muhammad SAW




Sudah menjadi kewajiban seorang Muslim memiliki dua kesadaran, kesadaran sebagai hamba Allah Ta’ala dan kesadaran sebagai umat Muhammad Rasulullah Shallallaahu alaihi wasallam  , Jika kesadaran itu hilang dari jiwa seorang Mukmin maka tindakan dan amalan akan ngawur dan sembrono yang mengakibatkan Allah Ta’ala tidak akan memberi ganjaran apapun yang didapat hanyalah siksa.
Kesadaran pertama, kesadaran kita sebagai hamba Allah Ta’ala yang kita tampakkan dalam setiap aktifitas sehari-hari dalam bahasa agamanya disebut (إِظْهَاُر الْعُبُوْدِيَّةِ) Sebagai misal menampakkan kehambaan kepada Allah. Contohnya jika kita mau makan meskipun seolah-olah padi kita tanam disawah kita sendiri, beras kita masak sendiri maka ketika mau makan disunnahkan berdo’a:
اَللَّهُمَّ بَاِركْ لَنَا فِيْهِ وَأَطْعِمْنَا مِنْهُ. (صحيح الترمذي، 3/158).
“yaa Allah berilah kami keberkahan darinya dan berilah kami makan darinya”

Generasi meninggalkan Shalat & Mengikuti Syahwat




Allah Ta’ala berfirman:
"Mereka itu adalah orang-orang yang telah diberi nikmat oleh Allah, yaitu para Nabi dari keturunan Adam, dan dari keturunan Ibrahim dan Israil, dan dari orang-orang yang telah Kami beri petunjuk dan telah Kami pilih. Apabila dibacakan ayat-ayat Allah Yang Maha Pemurah kepada mereka, maka mereka menyungkur dengan bersujud dan menangis. Maka datanglah sesudah mereka, pengganti (yang jelek) yang menyia-nyiakan shalat dan memper-turutkan hawa nafsunya, maka mereka kelak akan menemui kesesatan. Kecuali orang yang bertaubat, beriman dan beramal saleh, maka mereka itu akan masuk surga dan tidak dianiaya (dirugikan) sedikitpun." (terjemah QS. Maryam: 58-60).

Friday, 19 April 2013

Dibawah Lindungan Ka'bah (HAMKA)

Khutbah jumat pilihan pdf terbaru 2013

Download Khutbah Jumat Terbaru tahun 2013, disini kami sediakan dalam bentuk e-book dengan format PDF, para pembaca bisa membukanya di PDF reader semacam Acrobat Reader, Adobe Reader, dan lain-lain. Ok kali ini akan coba share kepada anda tentang  khutbah jumat pilihan pdf 

Khutbah jumat pilihan pdf

1. Bila Bencana Melanda » DOWNLOAD
2. Pemuda dan Perjuangan Islam » DOWNLOAD
3. Amal di Bulan Dulhijjah » DOWNLOAD
4. Ujian Hidup bagi Muslim » DOWNLOAD
5. Menjaga Aqidah Kita » DOWNLOAD
6. Arogansi, Provokasi, dan Anarkisme » DOWNLOAD
7. Menjaga Bumi » DOWNLOAD
8. Suap dan Korupsi dalam Perspektfi Islam » DOWNLOAD
9. Mewaspadai Godaan Syetan » DOWNLOAD
10. Racun-racun Hati » DOWNLOAD
11. Kedudukan Shalat dalam Islam » DOWNLOAD
12. Kejahatan dan Permusuhan Abadi Yahudi » DOWNLOAD


Nah itulah  Khutbah Jumat Pilihan Pdf Terbaru 2013 Semoga postingan ini bermanfaat buat anda sebagai bahan referensi untuk khutbah Jumat atau menambah wawasan keilmuan agama buat anda, selamat belajar dan tetap share materi khutbah.

Amal yang Tetap Bermakna

Berhati-hatilah bagi orang-orang yang ibadahnya temporal, karena bisa jadi perbuatan tersebut merupakan tanda-tanda keikhlasannya belum sempurna. Karena aktivitas ibadah yang dilakukan secara temporal tiada lain, ukurannya adalah urusan duniawi. Ia hanya akan dilakukan kalau sedang butuh, sedang dilanda musibah, atau sedang disempitkan oleh ujian dan kesusahan, meningkatlah amal ibadahnya. Tidak demikian halnya ketika pertolongan ALLOH datang, kemudahan menghampiri, kesenangan berdatangan, justru kemampuannya bersenang-senangnya bersama ALLOH malah menghilang. 

5 Type Pegawai di Kantor Kita

Pengklasifikasian karyawan dan pejabat kantor ini diekati dengan istilah hukum yang digunakan dalam agama Islam. Pendekatan ini samasekali bukan untuk mencampuradukkan atau merendahkan nilai istilah hukum tersebut, melainkan hanya sekedar guna mempermudah pemahaman kita karenamakna dari istilah hukum tersebut sangat sederhana dan akrab bagi kita. Mudah-mudahan bisa jadi cara yang praktis untuk mengukur dan menilai diri sendiri.
(Ide dasar ini diambil dari pendapat Emha Ainun Najib)

1. Karyawan / Pejabat "Wajib"
Tipe karyawan atau pejabat wajib ini memiliki ciri : keberadaannya sangat disukai, dibutuhkan, harus ada sehingga ketiadaannya sangat dirasakan kehilangan.

5 (Lima) S

Suatu saat, adzan Maghrib tiba. Kami bersegera shalat di sebuah mesjid yang dikenal dengan tempat mangkalnya aktivis Islam yang mempunyai kesungguhan dalam beribadah. Di sana tampak beberapa pemuda yang berpakaian “khas Islam” sedang menantikan waktu shalat. Kemudian, adzan berkumandang dan qamat pun segera diperdengarkan sesudah shalat sunat. Hal yang menarik adalah begitu sungguh-sungguhnya keinginan imam muda untuk merapikan shaf. Tanda hitam di dahinya, bekas tanda sujud, membuat kami segan. Namun, tatkala upaya merapikan shaf dikatakan dengan kata-kata yang agak ketus tanpa senyuman, “Shaf, shaf, rapikan shafnya!”, suasana shalat tiba-tiba menjadi tegang karena suara lantang dan keras itu. Karuan saja, pada waktu shalat menjadi sulit khusyu, betapa pun bacan sang imam begitu bagus karena terbayang teguran yang keras tadi.

Thursday, 18 April 2013

AL-QUR’AN DAN KEHIDUPAN MASA KINI



Al-Qur’an adalah kitab suci yang terakhir dan tersempurna, diwahyukan Allah swt. kepada Nabi Muhammad saw. Sebagai petunjuk untuk keselamatan hidup ummat manusia di dunia dan akhirat. Wahyu tersebut diturunkan Allah ke dalam hati yang suci. Allah berfirman:
  تزل به روح الأمين . على قلبك لتكون من المنذرين.
            “Al-Qur’an di bawa oleh Ruhul Amin ke dalam hatimu (Nabi Muhammad) agar kamu menjadi salah seorang di antara orang-orang yang memberi peringatan”. (QS. Al-Syu’ara, 26:193-4).

Ayat ini mempunyai makna dan arti bahwa terjadinya hubungan atau komunikasi antara Allah dan manusia adalah melalui hati yang suci dan bersih, dan dari hati yang suci itu pulalah orang dapat menyampaikan dan memberikan peringatan kepada orang lain.

Dampak Memakan Harta Riba



Kaum muslimin seiman dan seaqidah. 

Tepatnya ketika Allah Subhannahu wa Ta'ala memberikan mukjizat kepada hamba dan kekasihNya, Nabi Muhammad Shalallaahu alaihi wasalam berupa Isra’ Mi’raj, pada saat itu pula Allah Ta'ala perlihatkan berbagai kejadian kepada beliau yang kelak akan memimpin jaga raya ini. Di antaranya Rasulullah n melihat adanya beberapa orang yang tengah disiksa di Neraka, perut mereka besar bagaikan rumah yang sebelumnya tidak pernah disaksikan Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam. Kemudian Allah Ta’ala tempatkan orang-orang tersebut di sebuah jalan yang tengah dilalui kaumnya Fir’aun yang mereka adalah golongan paling berat menerima siksa dan adzab Allah di hari Kiamat. Para pengikut Fir’aun ini melintasi orang-orang yang sedang disiksa api dalam Neraka tadi. Melintas bagaikan kumpulan onta yang sangat kehausan, menginjak orang-orang tersebut yang tidak mampu bergerak dan pindah dari tempatnya disebabkan perutnya yang sangat besar seperti rumah. Akhirnya Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam bertanya kepada malaikat Jibril yang menyertainya, “Wahai Jibril, siapakah orang-orang yang diinjak-injak tadi?” Jibril menjawab, “Mereka itulah orang-orang yang makan harta riba.” (lihat Sirah Nabawiyah, Ibnu Hisyam, 2/252).

Dampak dari Kemaksiatan Yang Diremehkan



Jamaah Jum'ah yang dimuliakan Allah.

Pertemuan kita pada hari ini, dimana kaum muslimin menampakkan syiar mereka yang terbesar setelah Iedul Fitri dan Iedul Adha, mereka berkumpul di dalam masjid-masjid untuk beribadah dan berdzikir kepada Allah Subhannahu wa Ta'ala

Semua itu telah mengingatkan kita, kepada abad-abad kejayaan Islam. Dimana kaum muslimin berada dalam bimbingan sebuah khilafah. Dimana kaum muslimin memegang peranan. Dunia dari batas timur dan barat menaruh hormat kepada agama kita. Kaum muslimin menjadi orang-orang yang mulia, mempunyai izah dan harga diri, penuh karamah dan siyadah, dinaungi oleh garis-garis besar haluan Al-Qur’an dan Sunnah. Kehidupan para pemimpinnya tunduk dan hormat kepada keputusan ulama, ulamanya patut menjadi Panutan. Rakyat pun bahagia, santosa dan sejahtera, damai tentram lahir dan batin. Mendapatkan segala haknya sebagai rakyat, mulai dari hak pelayanan, hak mendapatkan pendidikan, rasa aman, keadilan, dan mengungkapkan pendapat dan nasehat kepada sang pemimpin.