Saturday 9 July 2011

Biografi Penceramah :: Ust. Syamsudin Arif


Biografi Dr. Syamsuddin Arif

TTL: Jakarta, 19 Agustus 1971
Istri: Andi Sri Suriati Amal, S.Si
Anak: Jehan Salsabila, Abdussalam S. Barzakh, Deniz Ma‘rifah, Iffah Hanifa.
Pendidikan:
-        KMI Gontor 1989
-        Majlis Qurra’ wa-l Huffazh, Bone, Sulsel
-        S1 di International Islamic University Malaysia (IIUM) 1996
-        S2 di International Institute of Islamic Thought and Civilization (ISTAC) Malaysia 1999
-        S3 di ISTAC Malaysia 2004
-        S3 kedua di Orientalisches Seminar, Universitaet Frankfurt, Jerman Pekerjaan
-Dosen di International Islamic University Malaysia (IIUM)
-Peneliti di Institute for the Study of Islamic Thought and Civilizations (INSISTS) Jakarta  www.insistnet.com
-Ketua Himpunan Ilmuan dan Sarjana Syari‘ah Indinesia (HISSI) Chapter Malaysia


DR. Syamsuddin Arif, lahir 19 Agustus 1971 di Jakarta, tamat dari KMI Gontor 1989. Setelah dua tahun mengaji dan mengabdi di Majlis Qurra’ wa-l Huffazh, Tuju-tuju, Bone (Sulawesi Selatan), menempuh program S1 di International Islamic University Malaysia (IIUM) sampai selesai 1996. Kemudian melanjutkan program S2 di International Institute of Islamic Thought and Civilization (ISTAC) sampai selesai 1999 dengan tesis, “Ibn Sina’s Theory of Intuition”, di bawah bimbingan Alparslan Açikgenç.

Program S3-nya di ISTAC diselesaikannya pada 2004 dengan disertasi berjudul “Ibn Sina’s Cosmology: A Study of the Appropriation of Greek Philosophical Ideas in 11th Century Islam”, di bawah supervisi Paul Lettinck. Saat ini ia tengah menggarap disertasi keduanya di Orientalisches Seminar, Universitas Frankfurt, yang disponsori oleh DAAD Jerman.

Ia pernah mengajar selama dua semester di Matriculation Centre IIUM, menjadi staf Publications Unit di ISTAC, dan dikirim oleh ISTAC ke Istanbul (Turki) selama dua bulan atas undangan IRCICA untuk mempelajari seni khat langsung dari Hasan Celebi (murid Hamid al-Amidi).
  
Di samping Arab dan Inggris, bahasa yang telah (dan masih terus) dipelajarinya antara lain Greek, Latin, Jerman, Perancis, Hebrew dan Syriac. Karya tulisnya yang telah diterbitkan antara lain: “Intuition and Its Role in Ibn Sina’s Epistemology” dalam al-Shajarah, vol. 5, no.1 (2000): 95-126, “Sufi Epistemology: Ibn ‘Arabi on Knowledge and Knowing” dalam Afkar, no.3 (2002): 81-94, dan “Intuitive Knowledge in Ibn Sina: Its Distinctive Features and Prerequisites” dalam al-Shajarah vol.7, no.2 (2002). Ia juga aktif menulis di media masa nasional seperti Republika dan Hidayatullah.

1 comments:

  1. Assalamu alaikum Sdr/i Ustd/Ustdah. yang baik, tak terasa sudah beberapa waktu kita sambung tali silaturrahiiim.
    dan dari masjid yang satu kemasjid yang lain ana udah berkhutbah terkait materi unggulan yakni" Sholat Berjama'ah"
    Ana juga Berharap Kiriman Khutbah Terkait Ibadah Sholat, tentunya dengan Bahasa Yang Sangat menyentuh Jama'ah, dan tentunya pula dengan dalil hadist yang Shohih.
    Syukr

    ReplyDelete